personal

Aku memilih, Allah swt juga memilih dan pilihan Allah yang terbaik

Ketika dulu sekali setelah lulus dari SMA, saya pernah bekerja di Jakarta. Waktu itu saya ingat saya dipercaya untuk mengelola sebuah toko. Bekerja setiap hari dari sore sampai malam, awal-awal saya memang tidak suka dengan pekerjaan ini namun lama kelamaan karena rekan kerja yang baik banget sudah seperti kakak sendiri ditambah bos yang baik.

Hari-hari saya lewati dengan rutinitas kerja, meski kadang dalam seminggu saya tidak dapat libur tapi saya tetap tidak mengeluh karena tidak dapat libur. Mungkin karena waktu itu saya masih sangat muda, polos dan bersemangat.

Pekerjaan saya lakukan dengan senang hati,  semangat saya semakin bertambah ketika bos saya terus memotivasi untuk terus bekerja, menabung 2 tahun pasti bisa buat buka toko sendiri katanya. Sungguh, ketika itu cita-cita saya ingin menjadi wirausaha dan menjadikan bos saya sebagai panutan. 

Ketika itu saya menyukai pekerjaan saya dan ketika bekerja saya merasa sedang tidak bekerja.

Hari berganti hari,  memang tidak ada yang abadi selain perubahan. Pekerjaan yang saya lakukan setiap hari lama-lama menemui titik jenuh. Hingga akhirnya saya memutuskan untuk keluar dari pekerjaan itu. 

Setelah itu,  saya memutuskan untuk melanjutkan hidup. Mendaftar kuliah di salah satu PTS di Garut. Empat tahun berlalu meski merasa salah jurusan dan sempat berpikir untuk keluar dari kuliah akhirnya saya lulus.  

Saya pernah berpikir untuk berhenti kuliah karena dulu salah satu teman saya pernah bilang untung dong bisa kuliah juga meski masuk jurusan kayak gitu juga.  Ditambah kakak saya yang bilang ngapain kuliah di jurusan kayak gitu enggak ada masa depan. Ya ampunn,  saya down banget di sana.. Kenapa kesannya tidak ada jurusan lain yang memiliki masa depan selain jurusan pendidikan. Mengapa mereka tidak berpikiran terbuka sama sekali??  Padahal mereka adalah orang-orang yang berpendidikan tinggi.

Disanalah titik balik kehidupan saya,  saya hampir setiap malam berdoa kepada Allah Swt supaya saya bisa jadi guru,  yaa saya ingin membuktikan kepada mereka. Entahlah kenapa waktu itu saya berdoa seperti itu,  saya tidak tahu. Dan kenapa saya bisa berpikiran pendek seperti itu. Yang jelas saya waktu itu sakit hati. 

Setelah lulus kuliah, sama seperti teman-teman yang lain saya berjuang untuk mencari pekerjaan. Berbagai usaha saya lakukan dan banyak juga panggilan kerja yang saya terima. Namun tak dapat dipenuhi karena berbagai pertimbangan.

Hingga suatu hari salah satu kerabat datang ke rumah memberikan tawaran untuk bekerja sebagai guru produktif di sekolahnya. Saya bingung dan sempat berpikir untuk menolak tawaran tersebut. Sebenarnya saya sudah tidak ada keinginan jadi guru dan berpikir terbuka kalau rezeki sudah ada yang ngatur meski bukan sebagai tenaga pendidik. Tapi saya ingat doa saya dua tahun yang lalu ketika saya berdoa kepada Allah swt untuk menjadikan saya seorang guru. Sungguh Allah swt mengabulkan doa saya di saat yang tepat dan dengan cara yang tak disangka.
Akhirnya setelah mempertimbangkan dan mendengarkan saran yang masuk,  saya memutuskan untuk menerima tawaran menjadi guru. Bukan apa-apa sih karena kesempatan kadang tidak datang dua kali. Dan inilah jalan hidup yang telah Allah berikan untuk saya. 

Saya bersyukur karena dulu tidak jadi keluar kuliah,  saya tidak tahu apa yang terjadi jika saya benar-benar keluar. Sungguh benar bahwa Allah swt adalah sutradara terbaik, Allah maha mengetahui apa yang terbaik untuk saya. 

Kuliah disana adalah pilihan terbaik menurut Allah untuk saya. Bekerja sebagai guru adalah pekerjaan yang terbaik untuk saya. 

Semoga Allah Swt mampukan saya untuk mengemban amanat ini ^^

Aamiin

personal

jatuh dari motor itu biasa

Yaa,  kata orang kalau mau bisa mengendarai motor mesti jatuh dulu.. 

Jadi inget pas tahun 2015 dulu belajar motor,  pas awal di beliin itu jadi aneh sendiri koq ada motor beat merah di rumah, punya siapa ni?  Padahal kakakku sudah berbaik hati mau beliin tapi baik aku maupun adikku enggak ada yang mau belajar motor karena alasan takut. 

Akhirnya karena hampir 2 minggu enggak ada yang make kan sayang tuh sampai lemah aki tuh si merah (panggilan motor kesayangan) gara-gara jarang dinyalain,akhirnya  akulah sebagai yang lebih tua yang mengalah dan mau buat belajar motor. 

Hari pertama belajar,

Pas pertama belajar ini sama sepupu, dan dia langsung ngelepas gitu di jalan raya,  aku kan enggak ngerti gimana bawa motor sampe ketengah jalan gitu dan ada ibu-ibu jualan seblak udah jerit-jerit histeris gitu takut gerobaknya ketabrak. Udah gitu lanjut lagi deh belajar nya sampe hampir mau nabrak tiang jalan. Aduuh udahan dehh langsung sepupu yang bawa motor lagi. 

Terus deh hampir 2 mingguan belajar motor dan udah berganti beberapa instruktur, untung saja yang ngajarinnya baik enggak cerewet tp enggak tahu deh gimana dalam hatinya  (kesel kali karena aku enggak bisa-bisa?)

Dua bulan setelah itu, barulah berani bawa motor keluar ke jalan yang rame waktu itu ke kampus,  masih berkendara cara aman sih pelan-pelan di kiri biar enggak diklaksonin terus. 

Sampai waktu itu pas hari sabtu sore pulang kuliah, aku jatuh gara-gara ada batu di pinggir jalan.  untung saja ada yang baik mau nganterin sampai rumah, mungkin kasihan kali yaa karena aku cewek.

Kirain pengalaman jatuh aku bakalan enggak terulang lagi, ekh taunya malah jatuh lagi di leuweung tiis gara-gara buang daun yang ada di tangan kanan.  Mungkin sebagai pemula aku belum bisa mengendalikan motorku dengan benar jadinya gitu. Terus salahku sendiri sih kenapa aku malah sugesti negatif. Ada apa nih kata orang kalau daun hinggap gitu bakal terjadi hal buruk dan akhirnya aku malah jatuh deh. Berpikiran aneh itu ternyata malah bikin beneran terjadi. Jadi mulai sekarang mending terapkan sugesti positif kalau berkendara motor dehh. 

Oh ya.. Terus setelah jatuh itu udah kapok deh enggak mau-mau lagi buat bawa motor.

Sampai akhirnya sadar kalau ternyata skill berkendara aku enggak berkembang. Orang-orang yang barengan belajar sama aku mereka udah pada mahir. 

Jadi, sebenarnya jatuh itu biasa loh. Tiap orang yang bisa berkendara motor mereka itu pasti melewati fase yang namanya jatuh. 

Sekarang sih sudah mulai berani, dan sudah jarang jatuh lagi. Memang ya jam terbang yang tinggi dalam mengendarai motor tuh bikin tambah pede dan mahir.

Akhirnya, semua perjuangan dan usaha buat bisa berkendara motor terbayar. Dan merasakan banyak manfaat dari bisa bawa motor sendiri. Jadi lebih mandiri ^_^

Review

Review Wardah Hydrating Mousturizer Cream 

Perjalanan mencari pelembab yang cocok bagi saya susah-susah gampang. Mengapa demikian? Karena selain kualitas produk yang bagus,  harga menjadi pertimbangan utama. Pelembab menjadi kebutuhan utama bagi kulit wajah,  sehingga wajah yang lembab dan sehat membuat saya pribadi lebih nyaman dalam beraktivitas. Akhirnya setelah googling sana sini saya menjatuhkan pilihan pada wardah hydrating mousturizer cream. 

Wardah hydrating mousturizer cream ini untuk kulit kering. Sebenarnya wardah hydrating mousturizer ini punya 2 varian yaitu yang cream untuk kulit kering dan yang gel untuk kulit berminyak. 

Deskripsi produk

Wardah memanfaatkan dua bahan aktif natural yang dibutuhkan untuk kulit. Kombinasi ekstrak aloe vera dan olive oil dalam wardah hydrating mousturizer cream dapat membantu melembabkan kulit. Dilengkapi dengan humectant dan emollient agent membuat proses hidrasi kulit berjalan optimal. Kulit terasa lebih lembut dan lembab. 

Review

Kemasan produk ini berbentuk tube dengan tutup fliptop. Saya suka sih dengan kemasannya yang travel friendly dan lebih higenis. Isinya lumayan banyak 40 ml. Tekstur creamnya juga lumayanlah enggak terlalu kental banget dan mudah diaplikasikan di muka. 

Pada saat pemakaian pertama produk ini akan terasa sensasi sejuk di kulit mungkin karena mengandung ekstrak aloe vera, setelah lama kelamaan sensasi sejuknya hilang dan malah berganti dengan rasa lengket. Dan ini bikin enggak enak banget di kulit muka saya. Untuk memberikan kelembapannya sendiri saya rasa kurang ampuh ya untuk kulit muka saya,  entah mungkin karena kulit saya yang memang kering banget  ğŸ˜¥

Ini tuhh sebenarnya edisi sayang loh kalau dibuang,  mau meneruskan pemakaian di wajah udah enggak cocok sementara isinya masih banyak. Akhirnya saya alih fungsikan deh wardah hydrating mousturizer cream ini jadi hand cream,  hasilnya berbeda dengan pada saat pemakaian di wajah justru saat di pakai ditangan malah lembab dan enggak lengket. 

Jadi,  secara keseluruhan saya kurang cocok sama produk ini karena memang kurang melembabkan dan terasa lengket. Tetapi saya suka ko sama produknya karena harganya murah sekitar Rp. 20.000,-

Repurchase ? Kayaknya enggak dehh.. 

Psikotes

Psikotes Analog Verbal Part-2

Melanjutkan dari postingan sebelumnya, saya mau post kelanjutan soal-soal psikotes analogi verbal. Kenapa bikin sampai 2 part? karena biar semakin banyak soal yang dipelajari semakin ngerti juga bagaimana menjawabnya. 

Untuk menyelesaikan soal analogi verbal yang pastinya musti dipahami bagaimana hubungannya,  bisa berupa tempat, cakupan asalnya dari yang kecil menuju ke cakupan yang lebih besar, sifatnya, dan lain sebagainya. 

Untuk lebih jelasnya langsung saja check soal-soalnya di bawah ini:

Petunjuk:

Pilihlah pasangan kata yang paling tepat untuk mengisi titik-titik (….) pada setiap nomor soal sehingga hubungan antara di bagian kiri tanda ~ sepadan dengan hubungan dua kata di bagian kanan tanda ~.

1. Jalan raya : ….. ~ ….. : guling 

A. Polisi lalu lintas – selimut 

B. Rambu lalu lintas – bantal

C. Kecelakaan lalu lintas – tidur

D. Keamanan lalu lintas – seprei 

E. Lampu lalu lintas – kasur

2. Kering : …. ~ …. : udara

A. Sungai – ruang 

B. Air – hampa

C. Gurun – oksigen 

D. Lahan – sejuk

E. Kolam – angkasa

3. Oven : …. ~ …. : baterai

A. Panggang – tenaga

B. Panas – zat kimia

C. Api – kamera

D. Gosong – elektronik 

E. Matang – radio 

4. Marah : ….~ …. : menangis 

A. Mencaci – sedih

B. Kecewa – sakit

C. Teriak – senang 

D. Cemberut – murka

E. Mengeluh – takut 

5. Buas : ….~…. :kobra

A. Harimau – mematikan 

B. Serigala – hitam

C. Hewan – bertelur

D. Beruang – melata

E. Singa – ular

6. Hari : ….~ kata : …..

A. Bulan – suku kata

B. Tahun – huruf 

C. Minggu – frasa

D. Dasawarsa – paragraf 

E. Abad – kalimat 

7. Gurun : ….~ pulau:….

A. Panas – binatang 

B. Kering – sungai

C. Tandus – penduduk 

D. Pasir – daratan 

E. Matahari – benua

8. Buku:….~ gawang :….

A. Perpustakaan – lapangan bola 

B. Bacaan – sepak bola

C. Tulisan – pemain bola

D. Ilmu – penjaga bola

E. Rak – jaring

9. Pekerja: ….~ kendaraan :….

A. Pabrik – mobil 

B. Produksi – perjalanan 

C. Mesin – jalan raya

D. Pekerjaan – keselamatan 

E. Upah – sopir 

10. Manusia :….~ burung :….

A. Berkaki – terbang

B. Makhluk – merpati 

C. Wanita – berbulu 

D. Berumah – bersarang 

E. Bersosial – bertelur 

11. ….: ijasah ~ kelahiran : ….

A. Ujian – bidan

B. Kelulusan – akta

C. Siswa – bayi

D. Tamat – nama

E. Kuliah – dokter 

12. …. : gelap ~ suara : ….

A. Cahaya – hening 

B. Sinar – telinga

C. Buta – bunyi

D. Kelam – sepi

E. Takut – tuli

13. …. : mobil ~ angin : ….

A. Kendaraan – udara 

B. Sedan – dingin 

C. Bensin – kincir 

D. Jalan – baling-baling 

E. Roda – kipas

14. …. : petani ~ angin : ….

A. Cangkul – penjualan 

B. Padi – pusat bisnis 

C. Tanah – parkir 

D. Sawah – pembeli

E. Bajak – modal

15. …. : katak ~ ulat : ….

A. Serangga – kupu-kupu 

B. Sawah – kepompong 

C. Kolam – bulu

D. Berlendir – gatal

E. Nyamuk – burung

Dan jawabannya adalah…. 

1. Jawaban E

Jalan raya: lampu lalu lintas ~ kasur: guling. Penjelasan: sebagaimana keumuman maka di jalan raya terdapat lalu lintas. Hubungan ini sepadan dengan keumuman pada kasur terdapat guling. 

2. Jawaban: B

Kering: air ~ hampa : udara. Penjelasan: jika tidak terdapat air maka kering. Hubungan ini sepadan dengan jika tidak terdapat udara maka hampa. 

3. Jawaban : C

Oven : api ~ kamera: baterai. penjelasan: jika marah maka biasanya sambil mencaci. Hubungan ini sepadan dengan jika sedih maka biasanya sambil menangis. 

5. Jawaban : A

Buas : harimau ~ mematikan : kobra. Penjelasan: harimau memiliki sifat buas. Hubungan ini sepadan dengan kobra memiliki sifat mematikan.

6. Jawaban : C

Hari : minggu ~ kata : frasa. Penjelasan: minggu adalah bagian dari hari. Hubungan ini sepadan dengan frasa adalah bagian dari kata. 

7. Jawaban : D

Gurun: pasir ~ pulau : daratan. Penjelasan: sebagian pasir yang berkumpul dapat membentuk gurun maka hubungan ini sepadan dengan sebagian daratan yang berkumpul bisa membentuk pulau. 

8. Jawaban : A

Buku : perpustakaan ~ gawang : lapangan bola. Penjelasan: letaknya buku adalah di perpustakaan. Hubungan ini sepadan dengan gawang dengan letaknya di lapangan bola. 

9. Jawaban: B

Pekerja : produksi ~ kendaraan : perjalanan. Penjelasan: pekerja dapat menyelesaikan produksi. Hubungan ini sepadan dengan kendaraan dapat menyelesaikan perjalanan. 

10. Jawaban : D

Manusia : berumah ~ burung : bersarang. Penjelasan: manusia berumah untuk tempat perlindungannya. Hubungan ini sepadan dengan burung bersarang untuk perlindungannya.

11. Jawaban: B

Kelulusan : ijasah ~ kelahiran : akta.  Penjelasan: kelulusan akan mendapatkan ijasah. Hubungan ini sepadan dengan kelahiran akan mendapatkan akta kelahiran.

12. Jawaban : A

Cahaya : gelap ~ suara : hening. Penjelasan: jika tidak terdapat cahaya maka akan gelap. Hubungan ini sepadan dengan jika tidak terdapat suara maka hening. 

13. Jawaban : C

Bensin : mobil ~ angin : kincir. Penjelasan: mobil dapat bergerak jika terdapat bensin. Hubungan ini sepadan dengan kincir angin yang dapat bergerak jika terdapat angin.

14. Jawaban : D

Sawah : petani ~ pertokoan : pembeli. Penjelasan: di sawah terdapat petani. Hubungan ini sepadan dengan di pertokoan terdapat pembeli. 

15. Jawaban : E

Nyamuk : katak ~ ulat : burung. Penjelasan: katak makanannya adalah nyamuk, sebagimana hubungan burung yang makanannya adalah ulat. 

Sekian untuk postingan kali ini. Semoga bermanfaat ^_^

Terimakasih 

Psikotes

Psikotes Analog verbal part-1

Hai semuanya…
Hari ini aku mau posting tentang soal-soal psikotes. Kenapa saya posting tentang ini? Yang pastinya karena memang sesuai dengan apa yang aku lagi butuhin karena bagi yang lagi nyari kerjaan,  latihan psikotes ini sangat di perlukan. Enggak lucu kan lama-lama nungguin panggilan kerja eh malah gagal di tahap pertama. 

Oke langsung saja,  ini soal psikotes analogi verbal.Soal ini bersumber dari buku Full strategi sukses SBMPTN. 

1. GURU : SEKOLAH

A. Penebang pohon : Pabrik

B. Musisi : Piano

C. Pengacara : Panggung

D. Penyanyi : Suara

E. Petani : Ladang

2. ORANG BODOH : ILMU

A. Orang miskin : Derma

B. Orang mengemis : Lapar

C.  Orang menganggur : Kerja

D. Orang bekerja : Gaji

E. Orang kaya : Harta

3. LAUT : SAMUDRA

A. Sungai : Laut

B. Danau : Air

C. Bukit : Lembah

D. Pulau : Benua

E. Delta : Laut

4. CACING : ULAR

A. Singa : Harimau

B. Kambing : Sapi

C. Biawak : Komodo

D. Hiu : Paus

E. Merpati : Elang

5. GIGI TARING : KARNIVORA

A. Cakar : Binatang buas

B. Tajam : Mata

C. Sayap : Terbang

D. Ekor : Binatang

E. Paruh : Makan

6. BULU HIDUNG : UDARA = ALIS : ……

A. Hitam

B. Keringat

C. Mata

D. Kotor

E. Debu 

7. BAJU : PAKAIAN = BERAS : …..

A. Padi

B. Pangan

C. Sawah 

D. Petani 

E. Desa 

8. ….. berhubungan dengan KAPAL, sebagaimana PESAWAT UDARA berhubungan dengan ….. 

A. Angkatan laut – Angkatan udara 

B. Pelaut – Penerbang

C. Prajurit – Pilot

D. Ikan – Polisi 

E. Sungai – Oksigen 

9. …. berhubungan dengan TULANG, sebagaimana GEDUNG berhubungan dengan …. 

A. Belulang – Ber-AC

B. Tinggal – Bertingkat

C. Tua – Kota

D. Tubuh – Rangka 

E. Kurus – Kokoh

10. …. berhubungan dengan SISWA, sebagaimana DOSEN berhubungan dengan …. 

A. Guru – Perguruan tinggi 

B. Guru – Kuliah 

C. Mahasiswa – Guru 

D. Belajar – Pengajar

E. SMA – Mahasiswa 

Jawaban

1. Jawaban: E

Hubungan kata GURU dan KELAS adalah hubungan profesi dan tempat kerjanya. Hubungan kata yang sesuai dengan soal adalah PETANI dan LADANG.

2. Jawaban: C

Hubungan kata di atas dapat dibuat kalimat sebagai berikut: ORANG BODOH karena tidak memiliki ILMU, ORANG MENGANGGUR karena tidak memiliki KERJA

3. Jawaban : D

Hubungan kata LAUT dan SAMUDRA  adalah hubungan kata yang mencakup daerah yang lebih kecil (LAUT) dengan kata yang mencakup daerah yang lebih umum (SAMUDRA), tetapi bahannya sama yaitu air. Maka sama halnya hubungan kata PULAU dan BENUA bahannya sama yaitu tanah (daratan), tetapi pulau cakupannya lebih kecil daripada benua. 

4. Jawaban : C

Hubungan kata CACING dan ULAR adalah sama-sama hewan yang berjalan dengan perutnyadan hampir menyerupai, hanya saja cacing lebih kecil daripada ular. Hubungan kata ini sama halnya dengan BIAWAK dan KOMODO yang hampir serupa,  tetapi biawak lebih kecil ukurannya daripada Komodo.

5. Jawaban : A

Hubungan kata di atas adalah ciri khas bagian tubuh dan hewan yang memilikinya. Maka,  GIGI TARING dan KARNIVORA hubungannya setara dengan CAKAR dengan BINATANG BUAS. 

6.Jawaban : B

Hubungan kata BULU HIDUNG dan UDARA adalah hubungan kata bagian tubuh dan fungsinya (untuk menyaring sesuatu). Bulu hidung untuk menyaring udara, sama halnya dengan alis untuk menghalangi keringat masuk ke mata. 

7. Jawaban : B

Hubungan kata BAJU dan PAKAIAN adalah hubungan kata yang cakupannya lebih kecil dan kata yang cakupannya lebih umum.  Baju adalah cakupannya lebih kecil, sedangkan pakaian lebih umum daripada baju. Sama halnya dengan kata BERAS yang cakupannya lebih kecil dengan kata PANGAN yang cakupannya lebih kecil. 

8. Jawaban : B

PELAUT berhubungan dengan KAPAL, sebagaimana PESAWAT UDARA berhubungan dengan PENERBANG. 

9. Jawaban : D

TUBUH dapat berdiri tegak karena ditopang oleh TULANG, sebagaimana GEDUNG dapat berdiri dengan kokoh karena ditopang RANGKA dari gedung.

10. Jawaban : C

MAHASISWA adalah sama-sama seorang pelajar dengan SISWA, sebagaimana DOSEN berhubungan dengan GURU sebagai seorang pengajar. 

Oke,  sekian untuk postingan kali ini. Semoga bermanfaat^_^

Terima kasih